Kiat Membayar Utang Saat Menganggur Kena Phk

Dan melalui survei online, Anda berkesempatan untuk menyulap pendapat pribadi menjadi uang. Anda bisa dapatkan uang dari web dengan menjadi presenter webinar yang diselenggarakan suatu perusahaan. Atau, buat presentasi webinar untuk berbagi pengetahuan seperti SDM, bisnis, atau advertising kepada orang-orang yang ingin mempelajarinya.

Akhirnya kamu terpaksa mengambil pinjaman untuk membiayai kebutuhan sehari-hari sampai tiba saatnya mendapatkan pekerjaan kembali. Jumlah dana darurat yang disarankan biasanya paling tidak 6 bulan untuk kebutuhan rutin yang harus kamu biayai. Jangka waktunya untuk paling tidak mengantisipasi ketika kamu belum mendapatkan pekerjaan baru yang memberikan penghasilan rutin kembali. Namun sayangnya saran ini kadang diaplikasikan kurang maksimal. Banyak orang yang bekerja sebagai karyawan menggantungkan biaya hidup sepenuhnya menggunakan uang gaji bulanannya. Pendapatan bulanan itu adalah satu-satunya sumber biaya untuk membayar tagihan, untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Biasanya, banyak perusahaan yang butuh opini dari banyak orang, termasuk kamu nih. Tujuannya untuk mendapat masukan atau pendapat tentang produk yang mereka sudah atau sedang buat. Meminta bantuan selama proses Anda mencari pekerjaan bukanlah hal yang aneh.

Cara mencari uang saat menganggur

Kalau profil risiko dan instrumen investasi tidak sesuai, maka bisa berpotensi menimbulkan kerugian di masa depan. Manfaatkan jaringan sosial yang kamu punya untuk mendapatkan pekerjaan freelance. Tak perlu sungkan meminta bantuan teman atau rekan kerja untuk merekomendasikan jasamu pada lowongan freelance yang tersedia. Seorang freelancer juga harus pandai mencari dan memilih klien. Menerima tawaran dari setiap klien mungkin baik untuk kondisi dompet, tapi perhatikan pula visi klien dan jenis pekerjaan yang diterima. Kamu bisa menjadi guru les secara mandiri atau bergabung di situs-situs edukasi yang memasarkan jasa guru les secara online.

Penulis lebih dari forty buku tentang keuangan dan pemasaran ini pun menerangkan, sekarang sudah ada 60 persen orang yang berada di golongan kelas menengah, termasuk mahasiswa. Ia menambahkan, pengetahuan mahasiswa tentang investasi juga meningkat berkat internet. “Mahasiswa bisa belajar sendiri, mengerti teknik, serta caranya, kemudian mengaplikasikannya lewat internet,” kata dia. “Reksadana kan paling aman, di sana sepenuhnya tinggal tunggu karena permainan diserahkan sepenuhnya ke manajemen investasi,” tuturnya. Ia melanjutkan, jika di bursa, kita harus memainkannya sendiri, meliputi mengawasi naik turunnya uang, serta melihat hasilnya.