Vaksin Mandiri Masuk Maret, Kadin Kembali Buka Pendaftaran Untuk Perusahaan

Ia menegaskan, Kadin memiliki target vaksin mandiri dengan jangkauan hingga 20 juta penerima. Menurut Rosan, jika harga vaksin mandiri setara dengan tes antigen, maka lebih baik memilih vaksin. Jenis Vaksin Covid-19 untuk pelaksanaan vaksinasi gotong royong juga harus berbeda dengan jenis vaksin Covid-19 yang digunakan untuk vaksinasi program pemerintah, agar tidak mengganggu jalur distribusi vaksin nasional. Artinya perusahaan harus bersedia mengeluarkan dana untuk program vaksinasi mandiri dan memberikannya secara free of charge kepada karyawan dan keluarganya. Jakarta – Program vaksinasi COVID-19 secara mandiri yang diberlakukan bagi masyarakat mampu harus daftar terlebih dulu ke fasilitas pelayanan kesehatan yang ditunjuk pemerintah guna mendapatkan jatah vaksin COVID-19.

”Pemprov Jatim juga harus melakukan upaya-upaya untuk melindungi warga yang menderita diabetes agar tidak terpapar Covid-19,” katanya dalam zoom meeting dengan sejumlah pemimpin redaksi kemarin (25/2). Pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 itu salah satunya mengatur tentang batas atas harga vaksin dan harga pelayanan vaksinasi program Vaksin Gotong Royong ditentukan oleh Menteri Kesehatan. Untuk saat ini harga vaksin untuk program Vaksin Gotong Royong belum diketahui karena produknya belum tersedia.

Keinginan sektor swasta untuk melakukan vaksin mandiri disambut oleh Presiden Jokowi. Ia mempertimbangkan usulan yang disampaikan oleh para pelaku usaha tersebut. Salah satu pertimbangan yang disampaikan Jokowi adalah agar dapat mempercepat program vaksinasi yang dibutuhkan oleh Indonesia untuk mengendalikan pandemi Covid-19. Rencana pemerintah untuk menyelesaikan vaksinasi dalam satu tahun ditanggapi pihak swasta.

Bagaimana cara mendapatkan vaksin mandiri

COVID-19 badan hukum/badan usaha harus melaporkan jumlaH karyawan/karyawati, keluarga dan individu lain terkait dalam keluarga yang akan dilakukan Vaksinasi Gotong Royong. Nantinya, setiap fasilitas pelayanan Kesehatan yang telah melakukan Vaksin Mandiri harus melakukan pencatatan dan pelaporan melalui Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19. Pelaksanaan Vaksinasi Mandiri direncanakan mulai dilaksanakan dalam rentang kuartal I hingga memasuki awal kuartal II tahun 2021. Sampai saat ini setidaknya ada 9 perusahaan swasta yang terlibat dalam proses distribusi dan logistik di dalam negeri. Proses importasi vaksin akan dilakukan oleh PT Bio Farma dan PT Kimia Farma Tbk.

Perusahaan yang akan mendapatkan vaksin adalah yang sudah daftar di Kamar Dagang dan Industri Indonesia. Pada tahap 3 di mulai pada bulan mei – juli 2021 untuk masyarakat rentan yang tinggal di wilayah berisiko tinggi dan pada tahap ke 4 dimulai pada bulan agustus- desember 2021 untuk Masyarakat dan pelaku ekonomi lainnya. Vaksin Gotong Royong, kata Arya, bertujuan untuk mempercepat Indonesia mencapai herd immunity.

Khusus untuk Vaksin Mandiri , spesifikasi produk dan harga menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah.

Kedua, jenis vaksin yang digunakan pada program vaksinasi Covid-19 nasional berbeda dengan jenis vaksin pada program vaksinasi gotong royong. Sedangkan vaksin gotong royong dibiayai perusahaan dan free of charge untuk karyawan. Pelayanan vaksinasi Gotong-Royong ini harus dilakukan di fasilitas pelayanan klesehatan milik swasta yang memenuhi persyaratan. Jadi tidak boleh dilakukan pada fasilitas pelayanan kesehatan dimana vaksinasi program pemerintah berjalan.

Terkait harga vaksin yang dijual ke perusahaan, Honesti Basyir selaku Direktur Utama PT Bio Farma mengatakan bahwa PT Bio Farma masih melakukan negosiasi dengan produsen vaksin agar mendapatkan harga terendah. Sembari menunggu giliran untuk mendapatkan suntikan vaksin sebaiknya kita tetap waspada dalam menjaga kesehatan dan selalu memenuhi protokol kesehatan yang ada. Kurangi interaksi langsung dengan orang lain di tempat umum dan selalu #stayathome jika tidak ada kebutuhan yang mendesak. Bagi masyarakat yang termasuk golongan di atas, bisa melakukan pengecekan knowledge atau registrasi ulang hingga jadwal vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi.id.