Three Jenis Vaksin Untuk Lansia, Plus Syarat Pemberian

Dalam proses menerima suntikan yang kedua ini, penerima vaksin cukup membawa surat keterangan berisikan tanda sudah menerima vaksin dan jadwal kedatangan mereka yang kedua. Begitu juga tenaga kesehatan yang bertugas, mereka pun turut dilengkapi dengan penutup kepala dan pakaian alat pelindung diri . Berdasarkan pengamatan Lokadata.id di lokasi ketika tiba pukul 11.00 siang, proses vaksinasi yang dilaksanakan di halaman depan rumah sakit berjalan tertib. Penerima vaksin menunggu di tempat duduk yang disediakan dan sudah dibuat berjarak satu sama lain. Apakah di salatiga sudah melayani vaksin untuk lansia, karena berdasarkan link yang tertera hanya untuk vaksinasi di kota semarang.

Seorang Lansia warga Pentadu Timur, Hamid Laraga mengaku, vaksinasi ini sudah ditunggu olehnya. “Padahal untuk membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity paling tidak harus 70 persen yang sudah divaksin, dan didalamnya sudah ditargetkan semua Lansia harus sudah divaksinasi,” kata Wendy. Indra Nugraha, ketua panitia kegiatan vaksinasi dari Medco Group mengatakan bahwa pihaknya menyediakan kendaraan penjemput di berbagai titik agar peserta tidak terkendala menuju lokasi kegiatan vaksinasi. Sementara untuk kelompok umur yang terpapar COVID-19, paling banyak di usia tahun dengan complete 634 kasus. Ketiga vaksin tersebut juga telah mendapatkan izin penggunaan untuk usia di atas 60 tahun oleh otoritas pengawasan obat di negara asalnya.

Vaksin bagi lansia

Pemerintah Kabupaten Bekasi menargetkan vaksinasi Covid-19 untuk lanjut usia akan selesai selama dua hari. Bahkan dalam prosesnya, terdapat pula sejumlah fasilitas kesehatan swasta yang dilibatkan. Vaksin yang diberikan antara dua kategori usia ini sama yakni Sinovac dengan dosis 0,5 ml IM yang dimasukkan ke dalam otot melalui suntikan. Contoh organisasi dan institusi yang dapat menyelenggarakan vaksinasi, seperti organisasi untuk para pensiunan ASN, Pepabri atau Veteran Republik Indonesia. Organisasi lain juga bisa menyelenggarakan vaksinasi secara massal, baik organisasi keagamaan atau organisasi kemasyarakatan.

Jika yang bersangkutan petugas pelayan publik atau lansia bisa koordinasi dengan puskesmas / dinas kesehatan wilayah tempat bekerja. Untuk saat ini sasaran vaksinasi covid19 adalah petugas pelayanan publik dan lansia. Yaitu sebanyak 2 dosis suntikan dan untuk dosis vaksin kedua ini diberikan dalam selang waktu 28 hari sejak dosis pertama disuntikkan. Singapura mengawali vaksinasi untuk lansia di atas 70 tahun pada 27 Januari 2021 di wilayah dengan populasi lansia yang cukup tinggi, yakni distrik Ang Mong Kio dan Tanjong Pagat. Warga lansia hanya membutuhkan waktu sejam agar bisa menuntaskan proses vaksinasi.

Kelompok prioritas penerima vaksin tahap kedua merupakan kelompok masyarakat yang memiliki interaksi dan mobilitas yang tinggi, sehingga sangat rentan tertular dan menularkan virus Covid-19. Dikutip dari laman resmi Covid19.go.id, kelompok penerima vaksin Covid-19 tahap kedua di antaranya adalah Petugas Pelayanan Publik termasuk pedagang pasar, guru, petugas transportasi publik dan lain-lain, serta juga kelompok masyarakat lanjut usia . Pilihan pertama vaksinasi akan diselenggarakan di fasilitas kesehatan masyarakat baik di Puskesmas maupun rumah sakit milik pemerintah dan swasta. Kelompok lansia, komorbid, dan ibu menyusui merupakan kelompok yang rentan terkena Covid-19, namun rentan pula untuk mendapatkan vaksin. Oleh karena itu kementerian kesehatan membuat surat edaran tentang ketentuan vaksinasi bagi ketiga kelompok tersebut. Sejumlah daerah pun terus membantu mempercepat program vaksinasi warga lanjut usia seperti yang dilakukan oleh pemerintah Kota Jakarta Selatan.

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Vaksinasi Covid-19 di Indonesia yang ditujukan untuk menciptakan herd immunity sudah dimulai sejak thirteen Januari 2021. Presiden Joko Widodo sendiri yang menjadi orang pertama penerima vaksin tersebut untuk membuktikan dan meyakinkan masyarakat luas bahwa vaksin yang digunakan ini aman, halal, dan bermanfaat. Prima mengatakan, lansia masih menjadi prioritas dalam pelaksanaan vaksinasi tahap kedua kali ini. KULONPROGO, iNews.id – Para lanjut usia akan menjadi sasaran vaksinasi Covid-19. Di Kabupaten Kulonprogo vaksinasi bagi lansia akan dilakukan pekan ini dengan sasaran awal para dokter yang usianya sudah di atas 60 tahun.

Pada dasarnya, tidak ada syarat spesifik bagi lansia untuk memperoleh vaksin influenza. Orang tua yang hendak memperoleh vaksin hanya harus menjaga kesehatannya dan selalu menjalankan gaya hidup sehat. Sebelum menjalani vaksin, lansia serta keluarga perlu mengetahui dua hal penting berikut ini. Biasanya, vaksin untuk lansia ini dokter berikan dalam dua tahapan, yaitu vaksin pneumokokus jenis konjugasi dan vaksin pneumokokus jenis polisakarida. Vaksin ini bertujuan untuk mencegah penyakit akibat infeksi bakteri Streptocossus pneumoniae atau lebih Anda kenal dengan sebutan kuman pneumokokus. Dengan vaksin ini, Anda bisa mencegah pneumonia (infeksi paru-paru), meningitis , dan sepsis .