Siap Dipakai Di Ri, Harga Vaksin Sinopharm Diperkirakan Rp 2,16 Juta Per 2 Dosis

Rosan mengungkapkan kemungkinan besar akan melibatkan perusahaan farmasi swasta nasional. Sedangkan Moderna merupakan perusahaan yang berbasis di Massachusetts, Amerika Serikat. Kedua, pasal 1 ayat 5 Permenkes itu menyebut, pendanaan vaksinasi korona atau COVID-19 ditanggung atau dibebankan pada badan hukum/badan usaha.

Rosan mengatakan, program vaksinasi mandiri dapat berjalan beriringan dengan program vaksinasi pemerintah. Ia memastikan program vaksinasi mandiri tidak akan mengganggu jalannya program vaksinasi pemerintah di fasilitas pelayanan kesehatan yang sudah ditunjuk saat ini. SURYA.co.id | JAKARTA – Alasan Industri padat karya jadi prioritas pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi gotong royong. Sebab, industri padat karya menyerap lebih banyak tenaga kerja dibanding industri padat modal. Menko Airlangga Hartarto pemerintah segera tetapkan harga vaksin mandiri dan prioritas untuk industri padat karya.

Sementara, untuk program kedua, nantinya masyarakat kategori mampu akan dikenai biaya jika ingin disuntik vaksin Covid-19. Sebelumnya, Juru bicara untuk Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi menyatakan bahwa pihaknya membuka peluang untuk mengatur batas maksimal harga vaksin Covid-19. “Hal ini agar harga sesuai dengan kemampuan masyarakat. Kami juga ingin memastikan masyarakat mendapatkan vaksin sesuai dengan bentuk tanggung jawab negara,” kata Anna. Ketua Komisi I Badan Perlindungan Konsumen Nasional Anna Maria Tri Anggraini mengusulkan harga maksimal atau batas atas yang best untuk vaksin Covid-19 mandiri sebesar Rp100 ribu.

Vaksin Sinopharm akan dipakai dalam waktu dekat dalam vaksinasi gotong royong. Pada jalur mandiri ini, Kementerian BUMN bahkan sudah menggandeng PT Telekomunikasi Indonesia Tbk dan PT Bio Farma untuk menggarap infrastruktur teknologi vaksin mandiri ini, mulai produksi, pengiriman hingga penyuntikan ke finish consumer. “Sehingga pemerintah belum bisa menentukan harga batas atas dan bawah dari vaksin tersebut,” jelas dia. Namun dapat kami sampaikan bahwa RS Pelni tidak memiliki wewenang untuk melakukan pengadaan vaksin. Melihat banyaknya kesalahpahaman yang timbul atas informasi tersebut kami memutuskan untuk menarik informasi tersebut. Namun, informasi tersebut telah dicabut karena terjadi kesalahpahaman dan RS Pelni tidak memiliki wewenang untuk melakukan pengadaan vaksin.

“Jenis industrinya yang diutamakan padat karya,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu. Estimasi kisaran Rp 500 ribu per dosis sudah termasuk pelayanan,” ujar Bambang dalam kesempatan yang sama. Namun, sesuai dengan Peraturan, rumah sakit tidak memiliki wewenang untuk melakukan pengadaan vaksin COVID-19, sehingga informasi tersebut ditarik kembali. BPKN, ucap Rizal merekomendasikan implementasi UU Kesehatan agar pemerintah harus mengambil tanggung jawab penuh atas jaminan kesehatan masyarakat.

Harga vaksin mandiri

Juru Bicara Bio Farma Bambang Heriyanto mengatakan, harga vaksin Covid-19 itu hanya proyeksi sementara. Pembahasan harga vaksin gotong royong belum mencapai tahap finalisasi atau keputusan dari pemerintah. JAKARTA, AYOCIREBON.COM — Kementerian Kesehatan menegaskan penerima vaksin mandiri atau vaksin gotong royong tidak akan dibebani biaya alias gratis, pembayaran wajib ditanggung oleh perusahaan. Artinya, vaksinasi gotong royong baru akan berjalan jika vaksinnya sudah tersedia. Jika vaksin sudah tersedia, mekanisme tetap sama yakni harus ada persetujuan penggunaan pada masa darurat atau dengan nomor izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan .

Sebanyak 36 orang terciduk melanggar protokol kesehatan atau prokes saat tim gabungan Pemkab melakukan operasi di Pasar Kota Sragen. Petugas juga memberikan imbauan terhadap warga masyarakat agar tidak berkerumun untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Salat Idulfitri diizinkan dilaksanakan di masjid dan musala dengan menjalankan protokol kesehatan secara ketat dan pembatasan jumlah warga yang melakukan salat yakni 50 persen dari kapasitas tempat ibadah. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, masih mengizinkan warga melakukan mudik lokal di wilayah Soloraya. Lima pemudik asal Tangerang lolos penyekatan dan masuk ke wilayah Serengan, Solo, setelah dites swab dua orang positif Covid-19.