Mau Kuliah Sambil Kerja Hingga Pengusaha?

Liputan6.com, Jakarta – Untuk memulai bisnis itu tidak tergantung pada usia seseorang. Selagi masih muda dan produktif, tak masalah jika kamu sudah mulai menimba ilmu bisnis meski masih duduk di bangku sekolah. Entrepreneur Camp merupakan portal para pebisnis untuk mempelajari bagaimana cara mengembangkan bisnis, berbagi ide berbisnis, dan menggunakan produk/layanan demi meningkatkan penjualan.

Selain itu, jenis bisnis di kampung ini memiliki kesempatan untuk bermitra dengan berbagai perusahaan khususnya di bidang peternakan dan pangan yang umumnya dapat membantu peternak dari awal sampai dengan panen. Umumnya masyarakat desa memang telah hidup dengan pertanian sehingga menjalankan usaha pertanian hidroponik bukanlah hal yang sulit dipelajari dan dijalankan. Selain itu, jenis peluang usaha di kampung ini memiliki bahan instalasi yang juga cukup mudah didapatkan dan dirangkai.

Tak mengambil untung banyak-banyak, yang penting bisa putar modal dan makan enak. Tentu saja menjadi seorang buruh biasa yang bekerja menjadi seorang pengawas di sebuah pabrik tidaklah memiliki gaji yang besar. Berkecukupan untuk makan dan kehidupan sehari–hari pun sudah sangat bersyukur rasanya. Saat usiaku mulai menginjak 15 tahun dan masih duduk di bangku SMP, aku ingat betul ketika aku baru saja pulang sekolah kala itu tiba–tiba aku mendapati ibuku sedang menangis di kursi meja makan kami. Dengan sangat terkejut tentu saja aku berulang kali menanyakan apa yang menyebabkan ibu menangis. Ia mengisahkan sewaktu muda, sambil sekolah tak malu berjualan bensin eceran dan malam hari menjadi tukang tambal ban di bengkel milik pamannya.

Saat menentukan lokasi usaha juga harus memperhitungkan modal yang akan dikeluarkan. Bagaimana jika kamu ingin kuliah, tetapi juga cepat dapat kerja? Sebagai institusi pendidikan vokasi berpengalaman lebih dari 28 tahun, LP3I berkomitmen menyiapkan tenaga kerja siap pakai berkualitas yang dibutuhkan dunia industri dan usaha Indonesia. Banggalah ya, senang sudah bisa bantu orang tua, adik-adik saya sekolah. Orang yang kerja keras, pantang menyerah itu mahal, dan wajib dihargai mahal.

Menjadi pengusaha sambil sekolah

Hambatan tersebut bisa kamu manfaatkan sebagai lahan bisnis yang menguntungkan. Enaknya lagi, kamu gak perlu modal apa-apa untuk memulai bisnis yang satu ini alias free of charge. Bisnis selanjutnya yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa tanpa memakan waktu yang banyak adalah jasa pembuatan web site. Banyak orang yang membutuhkan desain web site yang menarik untuk kebutuhan dagang ataupun perihal lainnya.