Mahasiswa Kedokteran Jadi Pengusaha Muda Berkat Jualan Minuman

Namun demikian usaha yang dijalankan Jian tidak selalu mulus, b. “Dukanya menjalani usaha di bidang peternakan, misalnya induk sapi diinseminasi buatan, harusnya lahir 9 bulan kemudian, tapi ada yang keguguran atau lahir mati” ujar Jian. Selain itu, Jian mengaku tidak bisa terlalu fokus mengurus usahanya tersebut saat menjadi mahasiswa, sehingga Jian meminta bantuan orang lain untuk mengurus sapi-sapi miliknya. “Pengalaman juga karena kemarin tidak bisa terlalu fokus urus ternak karena kuliah di kota, Jian minta bantuan orang lain untuk ngurus sapi. Tapi kesalahannya tidak ada perjanjian yang jelas terkait untung ruginya. Dengan demikian mereka menjadi insan-insan akademik yang mandiri dan mampu mensejahterakan dirinya dan orang lain.

Setiap hasil yang ia kerjakan bukan semata-mata karena ia memiliki latar belakang seorang yang berpengalaman atau bahkan anak orang kaya yang sudah memiliki modal besar untuk usahanya. Berkat kegigihan dan keyakinanku yang kuat akhirnya aku berhasil bekerja di Arab selama dua tahun dan mengumpulkan modal untuk membuka usaha salon. Sekarang aku memiliki salon yang dapat dikatakan cukup besar dan memiliki enam karyawan.

Aku bersyukur pada Tuhan atas semua ujian yang diberikan Tuhan eleven tahun lalu pada keluargaku yang akhirnya menjadikan aku anak perempuan yang kuat dan gigih hingga akhirnya aku sukses menjadi pengusaha salon. Wirausaha telah menjadi salah satu peluang yang tidak baru sebenarnya untuk mencari penghidupan yang lebih baik. Segala krisis yang melanda telah membuat banyak orang secara terpaksa harus membuka usaha sendiri. Hal itu diperparah dengan makin banyaknya perusahaan yang memberlakukan kebijakan rasionalisasi perusahaan. Salah satunya dengan mengurangi jumlah karyawan melalui program pensiun dini.

Pihaknya juga mendorong agar semua pihak tak banyak menghabiskan waktur untuk berpikir dan mempertimbangkannya. Jika tak segera dilaksanakan, yang akan menjadi korban adalah pendidikan adalah anak yang tak lain merupakan generasi masa depan bangsa. Mereka harus mengembalikan uang itu, kata salah satu warganet di Twitter. Bantuan psikologis yang diberikan secara tepat bertujuan untuk membuat korban merasa lebih aman, terhubung dengan orang lain, dan memiliki harapan. UNS dipilih sebagai salah satu lokasi seminar karena dinilai memiliki sumber daya manusia di bidang penyuluhan pertanian yang diperhitungkan di tingkat nasional.

Kalau masuk ke pusat pertokoan, memang cepat maju, tetapi itu intervensi namanya, membunuh orang lain, kata Abdul Latief. Dampak konsep yang dikembangkan Abdul Latief, pasar swalayannya tidak sekencang kemajuan pasar swalayan bermodal kuat itu. Untuk mengatasi dampak ini, ia melakukan sesuatu secara kreatif, agar orang mau datang dan akhirnya berbelanja mengembangkan produk dagangan model yang menarik. Ia menyelesaikan pendidikan Sekolah lanjutan pertama dan atas di Jakarta. Ia kuliah di APP kemudian mengambil sarjananya pada tahun 1965 di Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana, Jakarta. Selama tahun 1945 dan 1966, situasi politik nasional sedang kacau.

Menjadi pengusaha sambil sekolah

Karena tak suka dengan ikan yang kerap digunakan untuk fish pedicure atau terapi ikan ini, dia membuat toko on-line bernama “Garra Rupa Center” untuk menjual ikan tersebut. Tanpa diduga, usaha itu bisa menghasilkan keuntungan Rp 2 juta sampai Rp three juta per bulan. Melihat hal ini sebagai peluang bisnis, Nicholas pun mulai serius menambah produk ikan hias jenis lain untuk dijual. Jauh waktu sebelum Eka Soelistya malang melintang ia bekerja ikut orang lain kemudian mendirikan PT. Eka Griya Lestari, ia telah punya kegiatan membudidayakan rumput Manila dan tanaman hiasnya.

Fahris pernah meminta petunjuk dari Rini mengenai cara membuat nota kesepahaman atau surat kontrak saat menerima pesanan. Saat ini ia sudah memiliki dua karyawan tetap yang terdiri dari alumni SMKN 4 Malang dan siswa SMKN 4 Malang yang berlatar belakang teknologi informasi, khususnya bagian desain. “Freelance juga banyak, bisa belasan sampai puluhan, tergantung orderan cetakan,” ujar anak tengah dari tiga bersaudara itu. Omset yang diterimanya pun pernah mencapai puluhan juta rupiah.