Begini Aturan Vaksinasi Covid

TEMPO.CO, Jakarta – Proses vaksinasi untuk 181,5 juta orang masyarakat penerima terus berjalan. Vaksinasi tahap dua sudah dimulai dengan goal penerima kelompok lansia yang berumur 60 tahun ke atas. Setelah peserta mengisi information di web site tersebut, seluruh data peserta akan masuk dinas kesehatan provinsi masing-masing. Selanjutnya dinas kesehatan akan menentukan jadwal dan termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat lanjut usia. KOMPAS.com – Orang lanjut usia termasuk salah satu kelompok yang masuk dalam daftar penerima vaksinasi Covid-19 tahap dua yang sudah mulai berjalan.

Menurut Avy, antrean disebabkan karena masyarakat lanjut usia tersebut belum paham cara mendaftar vaksinasi secara online sehingga terjadi antrean yang mengular. Penduduk lanjut usia itu langsung mendatangi RSUD Kembangan dengan membawa KTP untuk mendaftar program vaksinasi Covid-19. Kondisi berbeda, kata perempuan yang memiliki gelar dokter gigi ini, terjadi pada hari pertama vaksinasi dimulai. Dalam video tersebut, masyarakat lanjut usia yang hendak divaksin terlihat mengantre hingga di luar area rumah sakit.

“Untuk Lansia dosis pertama masih 1,16 persen sementara untuk dosis kedua 0,31 persen. “Lokasi layanan vaksinasi Covid-19 ini sementara ya, karena akan berkembang sejumlah alokasi vaksin yang dikirim dari @kemenkes_ri ke @dinkesdkim,” tulis akun tersebut, Selasa (23/2). “Oleh karena itu vaksinasi pada lansia memang perlu didahulukan maka vaksinasi untuk lansia bertujuan untuk mencegah dan menurunkan angka kematian itu,” tegas Tjandra yang juga mantan Direktur WHO SEARO . Sebagian dari mereka yang terkena sudah bergejala dan parah sehingga harus dirawat intensif di rumah sakit. Ia turut menyinggung pernyataan Presiden Joko Widodo yang menyebut bahwa vaksinasi di Indonesia bisa rampung kurang dari setahun.

Pertama mereka berusia lanjut yang memiliki sistem imun yang lemah, sehingga rentan terhadap penularan Covid-19. JawaPos.com – Vaksinasi Covid-19 untuk lansia sudah mulai dilaksanakan bulan ini. Badan Pengawasan Obat dan Makanan sudah memberikan izin penggunaan darurat vaksin Sinovac untuk lansia. “Kalau hari ini ada 141 lansia yang disuntik vaksin. Sebelumnya Tiga hari lalu pendaftaran kita trial. Perbaikan terus berjalan. Setelah terdaftar, kami kirim ke Kemenkes, selanjutnya kami panggil mereka untuk divaksin,” papar Hargiyanto. Sebelum vaksinasi, warga dihimbau mendaftarkan keluarganya yang lansia untuk ikut vaksinasi melalui website resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen.

Keluarga yang bertugas mendampingi penerima vaksin tidak diperkenankan masuk ke space tempat vaksinasi berlangsung. Untuk program vaksinasi lansia ini dilaksanakan setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan mengeluarkan Emergency Use of Authorization pada 5 Februari 2021 dan pemberiannya, sama seperti pemberian pada tenaga kesehatan. Tenaga kesehatan dan warga lansia di atas 65 tahun di Turki serta petugas panti wreda menjadi kelompok pertama yang menerima vaksinasi. Pemerintah memberikan kemudahan vaksinasi untuk lokasi terpencil, yakni dengan adanya petugas yang akan mendatangi rumah warga bahkan dengan berjalan kaki sekalipun. Budi Gunadi menambahkan, jika cakupan vaksinasi untuk kelompok lansia dapat segera memenuhi goal maka akan meminimalisir tekanan terhadap rumah sakit dan juga tenaga kesehatan. Lansia dapat mendaftar sendiri atau dibantu orang lain dengan mengisi formulir pendaftaran melalui situs atau Untuk saat ini di Kabupaten Klaten pendaftaran vaksinasi lansia dilakukan oleh Tim Satgas Covid tingkat Desa/ Kelurahan.

Vaksin bagi lansia

Untuk diketahui, Pemprov DKI Jakarta juga telah menyediakan fasilitas transportasi antar-jemput bagi warga lansia, berupa bus sekolah dan bus Transjakarta untuk sejumlah wilayah yang membutuhkan karena lokasi vaksinasi yang cukup jauh. Untuk yang ber-KTP DKI Jakarta bisa langsung datang dan mendaftarkan diri vaksinasi ke seluruh fasilitas kesehatan yang ada di Jakarta. Sementara bagi masyarakat ber-KTP di luar Jakarta, dapat mendatangi lokasi vaksinasi di Istora dan Tennis Indoor di Senayan. Masyarakat yang akan melakukan vaksinasi dapat mendaftarkan diri secara daring melalui tautan dki.kemenkes.go.id. Badan Pengawas Obat dan Makanan telah mengeluarkan persetujuan penggunaan darurat vaksin CoronaVac produksi Sinovac Biotech Inc untuk digunakan kepada kelompok lanjut usia berumur 60 tahun ke atas.

Pada pelaksanaannya, terdapat dua pilihan mekanisme pendaftaran bagi masyarakat lanjut usia. Pilihan pertama vaksinasi akan diselenggarakan di fasilitas kesehatan masyarakat, baik di Puskesmas maupun rumahsakit milik pemerintah dan swasta. Vaksinasi COVID-19 sangat penting bagi lansia karena kelompok usia lanjut lebih rentan terhadap infeksi virus Corona. Adanya penyakit penyerta dan kondisi fisik yang mulai melemah membuat lansia lebih sulit untuk melawan infeksi, termasuk COVID-19. Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sudah masuk pada Tahap 2 dengan goal kelompok Lanjut Usia dan Pekerja Publik. Vaksinasi untuk target kelompok ini akan dimulai di Jakarta dan ibu kota provinsi untuk seluruh provinsi di Indonesia.