5 Alasan Mengapa Anak Kuliahan Harus Memulai Berbisnis

Pendidikan kewirausahaan akan mereduksi mindset peserta didik dapat melepaskan diri dari tujuan pendidikan kolonial, yaitu menjadi pegawai dan tentang tujuan dan orientasi mengikuti pendidikan untuk menjadi pegawai negeri. Kondisi sosio-psikologis ini Pendidikan kewirausahaan juga mempersiapakan peserta didik memiliki sikap sepertinya memberikan implikasi dalam tataran kehidupan sosial. Jadi, kendala utama untuk mengajarkan pendidikan kewirausahaan di sekolah terletak pada guru-guru di sekolah. Hal ini hanya bisa diatasi dengan poltical will dari pemerintah dalam bentuk instruksi resmi dari otoritas pendidikan kepada kepala-kepala sekolah agar mengajarkan pendidikan kewirausahaan. Ikon bahwa sekolah hanya mencari ilmu, lantas mencari pekerjaan, harus diubah menjadi mencari ilmu dan mengaplikasikannya di lapangan. Dengan demikian, pendidikan nasional harus mampu membawa generasi terdidik untuk menciptakan pekerjaan.

Orang yang berhasil adalah orang yang dengan cepat menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi, bukan orang yang hanyut dalam rutinitas belaka. Selain itu, memiliki cita-cita atau rencana besar juga perlu, sehingga janganlah kita pelit dengan cita-cita. Kini, Alibaba menjadi salah satu perusahaan paling berharga di dunia dengan nilai market capital sekitar USD 400 miliar. Namun, ia berhasil membuktikan kepada orang tuanya bahwa ia bisa melakukan manajemen waktu dengan baik, antara sekolah, berwirausaha, dan kegiatan “mondok” di Pondok Pesantren Islam Darul Makin Malang. Penyuka sepak bola itu merasa bersyukur mendapat dukungan penuh dari pihak sekolah maupun keluarga dalam menjalani usahanya. Selain diperbolehkan menggunakan fasilitas di UPJ, Fahris juga merasa terbantu saat berkonsultasi dengan salah satu guru, Rini Soesilowati, seorang guru di program keahlian Persiapan Grafika.

Perlahan, pria kelahiran 9 desember 1969 ini mampu memperluas jaringan pemasarannya hingga ke restoran-restoran di Yogyakarta. Jadi rasa tanggung jawab untuk kerja keras menghidupi anak-anaknya, itu tinggi sekali. Saya akan selalu kerja keras, karena kalau saya sendiri yang sudah sekolah, kemudian punya fighting spirit, kurang dari apa yang bapak saya lakukan, itu artinya ayah saya tidak berhasil dalam membina. Tapi kita bisa melakukan hal-hal yang minimal sama dengan ayah saya dalam konteks berjuang, maka ayah saya tidak gagal dalam melahirkan dan membina kami. Tapi saya lebih memilih untuk tidak lanjutkan, di situ hampir saya tidak jadi menikah sama dia.

Kemudian bisnisnya semakin berkembang tidak hanya fokus pada satu jenis ikan saja, namun merambah pada segala jenis ikan hias. Dengan sifat ulet, tegas, jiwa kokoh dan mandiri yang dimilikinya, Gibran pun berhasil mencapai kesuksesan tanpa harus mendompleng nama orang tua dan mengandalkan orang lain. Pada tanggal 10 Maret 2016 Gibran menikahi mantan Putri Solo 2009 yaitu Selvi Ananda dan dikaruniai anak laki-laki yang diberi nama Jan Ethes Srinarendra. Gibran Rakabuming Raka lahir di Solo pada tanggal 1 Oktober 1987.

Menjadi pengusaha sambil sekolah

Bidang bisnis juga terbuka lebar, mulai dari makanan, trend, hobi, hingga jasa. Berkat kecanggihan teknologi, hampir semua produk dan jasa bisa diperjualbelikan dengan mudah. Tidak tutup, tapi sempat dua bulan karyawan saya tidak mendapatkan gaji. Oleh karena itu anak-anak di kantor berusaha memiliki itu perusahaan. Saya melanjutkan sekolah S-1 manajemen keuangan,‎ saya pada saat sudah mau selesai.

Namun seseorang telah membuktikannya bahwa mimpi itu bisa diwujudkan. Jika Anda berniat memasarkan sebuah produk, jangan cuma niat terus, yakinlah akan produk yang akan Anda tawarkan. Hanya seorang pemimpi yang mampu menciptakan dan membuat sebuah terobosan dalam produk, cara pelayanan, jasa, ataupun ide lah yang bisa sukses. Mereka tidak mengenal batas dan kerterikatan, tak mengenal kata ‘tidak bisa’ ataupun ‘tidak mungkin’. adalah salah satu jenis aktivitas yang kini sedang menjadi primadona di masyarakat. Hal ini terkait dengan kondisi yang terjadi di tengah lingkungan, sehingga mengubah paradigma yang sebelumnya terbangun.