Protokol Mencuci Pakaian Pasien Covid

Rekomendasi untuk isolasi mandiri ini juga akan meringankan beban tenaga medis. Oleh karena itu, bagi pasien yang positif tapi tanpa gejala, biasanya akan disarankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. Jangan khawatir, selama melakukan isolasi, tenaga kesehatan akan terus memantau perkembangan. Detri kaget begitu hasil tesnya yang keluar pada 20 Maret itu menyatakan dirinya positif Covid-19. Karena tak menunjukkan gejala sesak nafas, demam, dan batuk kering, akhirnya ia memutuskan untuk isolasi mandiri di rumah.

Langkah tepat jika terkena Covid

Gunakan desinfektan berbasis alkohol untuk membersihkan permukaan yang keras barang-barang yang sering kamu gunakan seperti meja, gagang pintu, furnishings, ponsel, laptop computer, dan lainnya secara teratur beberapa kali sehari. Jangan lupa, untuk juga menggunakan desinfektan setiap kamu menerima barang dari luar seperti kiriman makanan atau paket. Jangan berbagi barang-barang pribadi seperti ponsel, makeup, atau sisir. Penting juga untuk tidak menggunakan peralatan makan dan sedotan yang sama dengan orang lain termasuk keluarga kamu sendiri. Tetapi Dewan Pengawas menyatakan bahwa pemblokiran itu bisa dibenarkan.

Setelah resmi dinyatakan terkena virus corona pun, beberapa orang memilih untuk merahasiakannya. Meskipun tidak ada indikasi bahwa hewan peliharaan dapat memberi atau tertular Covid-19, CDC menyarankan untuk menjauhkan hewan peliharaan dari orang yang sakit. Isolasi dapat berakhir 10 hari setelah dites positif jika orang yang bersangkutan tidak menunjukkan gejala. Perawat harus memakai sarung tangan sekali pakai saat menangani cucian kotor pasien dan membuangnya setelah digunakan.

Pembatasan kontak ini bertujuan agar risiko penularan virus corona bisa diminimalkan. Tidak menggunakan barang yang sama dengan anak positif virus corona. Untuk mengurangi penularan virus di dalam rumah, cobalah untuk menjaga aliran udara tetap baik dengan jendela atau pintu terbuka, jika cuaca memungkinkan. Jaga kebersihan dan fokus makan sehat, olahraga teratur serta memiliki tidur berkualitas.

Jika orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara saat mengenakan masker medis, penggunaan masker dapat membantu melindungi orang-orang terdekat dari infeksi. Jika orang sakit perlu pergi ke fasilitas kesehatan, mereka harus memakai masker medis. Anggota masyarakat yang dikarantina tidak boleh keluar masuk wilayah karantina.

Jika kamu menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan menggunakan tangan yang telah terkontaminasi virus, maka kamu akan memindahkan virus dari permukaan benda tersebut ke dalam tubuhmu. Jika Anda disarankan untuk membawa seorang lansia ke fasilitas kesehatan, hindari menggunakan transportasi umum. Jika ada masker, baik lansia maupun pendampingnya harus mengenakan masker. Jika komunitas lansia Anda menyediakan makanan untuk lansia, misalnya melalui kegiatan makan siang bersama, pertimbangkan apakah ada cara agar layanan ini dapat dilanjutkan melalui pengiriman ke rumah. Pastikan para lansia sadar pentingnya menyimpan persediaan makanan dan obat-obatan untuk waktu yang lebih lama daripada biasanya.

Bantu mereka yang memiliki keterbatasan gerak untuk berbelanja persediaan ini. Jika Anda mengenal tetangga yang berusia lanjut atau memiliki kondisi kesehatan lain, hubungi mereka, idealnya melalui telepon. Anda juga dapat mengirim surat untuk menawarkan bantuan dengan menyelipkannya lewat pintu. Anda bisa mengetuk pintu tetangga Anda untuk mengecek apakah mereka baik-baik saja, tetapi berdirilah agak jauh dari pintu dan pertahankan jarak dua meter. Misalnya, fasilitas kesehatan dan Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, pihak berwenang setempat, penyedia layanan perawatan di rumah, serta pihak-pihak yang menyediakan bantuan sosial.