Pemerintah Diminta Menggencarkan Diplomasi Pelaksanaan Haji 2021

Menurutnya, impor vaksin hibah tetap memperoleh fasilitas pelayanan segera atau rush handling dan fasilitas fiskal. Link tersebut dibuat untuk melakukan pendataan perusahaan yang hendak mengikuti program ini. Program vaksinasi dalam skema ini akan mengikutsertakan para pekerja asing yang menetap di Indonesia untuk mendapatkan vaksin.

Sementara itu BPOM melakukan penyisiran ke rumah sakit yang membeli dari distributor tak resmi. Diperoleh 37 titik di sembilan provinsi dan dari hasil uji laboratorium diperoleh four titik dengan sampel palsu. Verifikasi tentang hasil uji sampel di tiap daerah masih terus berlangsung dan akan terus disampaikan kepada masyarakat. Langkah ini diambil agar kewenangan Kementerian Kesehatan dalam melakukan pengawasan distribusi vaksin di fasilitas pelayanan kesehatan, dapat berjalan seiring dan terintegrasi dengan BPOM. Melalui distributor resmi, vaksin wajib tersebut didistribusikan ke Oinas Kesehatan Provinsi hingga sampai ke Puskesmas dan Posyandu atau sebanyak 88,9% fasilitas pelayanan kesehatan . Sebanyak 11,9% yakni fasyankes swasta dapat mengambil vaksin dari distribusi resmi, tetapi juga dapat membeli vaksin yang berasal dari impor dengan harga dapat dikatakan cukup mahal.

Keterlibatan swasta sejauh ini sebatas membantu distribusi vaksin, bukan untuk mengimpor atau menjual vaksin secara komersial. Adapun kelompok pertama yang diprioritaskan mendapat vaksinasi adalah, paramedis, TNI, Polri, aparat hukum, dan pelayanan publik sebanyak 3,4 juta orang dengan whole kebutuhan 6,9 juta dosis. Hal ini tentu berbeda dengan program vaksinasi free of charge yang dicanangkan oleh pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Penyelenggaraan bisa dilakukan di fasyankes milik swasta dan BUMN yang telah memenuhi syarat sebagai pos pelayanan vaksinasi. Guru/tenaga pendidik dari PAUD/TK, SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi sebanyak four,three juta orang. Misalnya, seseorang mendapatkan vaksin Sinovac yang harus diberikan dalam 2 dosis. KOMPAS.com- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menetapkan tujuh vaksin Covid-19 yang akan dipergunakan untuk pelaksanaan vaksinasi di Tanah Air. Cek jadwal vaksin COVID-19 juga bisa dilihat dari petunjuk teknis resmi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan RI.

Simak lebih lanjut perbedaanprogram vaksinasi gratis pemerintah dan vaksinasi gotong royong. “Makanya program vaksinasi ini kita terus dorong sekarang kalau kita lihat vaksinasi di Indonesia sudah mencapai hampir 27 juta vaksin yang sudah disuntik dosis pertama,” paparnya. Kastara.ID, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah terus menindaklanjuti mengenai vaksinasi gotong royong. Khusus terkait harga, pemerintah akan mengatur harga vaksin gotong royong ini melalui Peraturan Menteri Kesehatan .

Vaksin dari pemerintah

Tim inspeksi yang terdiri dari unsur BPOM, Kementerian Kesehatan, MUI, Bio Farma akan bertolak ke Tiongkok pada tanggal 14 Oktober 2020 untuk melihat kualitas fasilitas produksi dan kehalalan vaksin produksi Sinovac, dan Cansino. Sementara knowledge untuk vaksin G42/Sinopharm akan diambil dari information uji klinis di UAE karena diproduksi di sana. Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta Finari Manan mengatakan asistensi yang diberikan tidak berbeda dengan kedatangan vaksin lainnya.