Langkah Pertama Yang Harus Dilakukan Jika Merasakan Gejala Terinfeksi Virus Corona

Cuci tangan sebelum dan sesudah memakai dan melepas sarung tangan maupun masker. Beberapa cara mencegah COVID-19 di atas tidak akan lengkap bila Anda tidakupdatedengan informasi terkini. Mulai jumlah kasus, metode pengobatan, rekomendasi ketika bepergian ke luar negeri dan mengikuti saran dari pelayanan kesehatan resmi. Kebiasaan tersebut membuat tubuh jadi jarang terkena sinar matahari yang merupakan sumber utama vitamin D.

Sehingga, sebelum tertular, akan lebih baik jika kita mengetahui langkah awal dan persiapan apa saja yang perlu dilakukan apabila terkena virus Corona. Tetap di rumah jika kondisi badan tidak match agar tidak menulari orang lain. Demam menandakan adanya penyakit atau kondisi lain di dalam tubuh. Tak hanya dukungan bagi suaminya, Femy pun berusaha memberikansupportbagi kerabatnya yang senasib dengan sang suami.

Saat berbelanja bahan makanan, jaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain dan tidak menyentuh mata, mulut, dan hidung Anda. Jika memungkinkan, bersihkan pegangan kereta belanja atau keranjang sebelum berbelanja. Saat tiba di rumah, cuci tangan Anda sampai bersih dan juga setelah memegang dan menyimpan produk yang Anda beli. Orang yang sakit COVID-19 dan orang-orang yang berisiko direkomendasikan untuk membatasi kontak dengan hewan pendamping dan hewan-hewan lain. Siapa pun yang merawat seseorang di rumah yang terinfeksi COVID-19 Mengapa? Mereka yang merawat orang-orang yang terinfeksi COVID-19 harus mengenakan masker medis untuk perlindungan.

Saat Anda pergi ke fasilitas kesehatan, kenakan masker jika memungkinkan, jaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain dan jangan menyentuh permukaan benda dengan tangan Anda. Jika gejala Corona mulai muncul pada tubuh kita, segera lakukan isolasi dari agar tidak berpotensi menyebarkan virus tersebut kepada orang-orang yang sehat. Tetaplah di rumah dan batasi aktivitas yang mengharuskan kita pergi ke luar rumah, kecuali saat kita membutuhkan perawatan medis. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga jarak setidaknya 1 sampai 2 meter dengan anggota keluarga lain yang sehat dan membatasi penerimaan tamu di rumah untuk sebisa mungkin mencegah penularan virus menyebar semakin luas. Mereka yang masih harus beraktivitas atau bekerja di luar rumah pada saat pandemi virus corona (Covid-19) sangat disarankan menjaga kebersihan tubuh, terutama tangan, dan benda-benda di sekitarnya. Sebab, penularan Covid-19 tidak hanya bisa terjadi melalui kontak dekat dengan orang yang terinfeksi.

“Kenakan sarung tangan untuk mengambil piring kosong yang digunakan oleh orang yang sakit, bawa ke dapur dan cuci menggunakan air panas dengan sabun. Setelah itu, cuci tanganmu lagi,” katanya. Segera setelah kamu atau orang terdekatmu dinyatakan positif Covid-19, segera lakukan isolasi. Isolasi harus dilakukan di kamar terpisah dan lebih baik memiliki kamar mandi yang juga terpisah dengan orang lain yang tinggal satu atap.

Sebab, daya tahan lansia dinilai lebih rendah ketimbang orang yang masih muda. Jangan sampai, yang lebih muda menjadi service virus tanpa kita ketahui sebelumnya. Seperti yang kita tahu, virus corona dengan mudah bisa menyebar lewat droplet. Apalagi, jika kita sering berkegiatan di tempat umum dan banyak kerumunan orang. Penyebaran virus corona juga menjadi sangat efektif apabila orang-orang berkumpul dalam ruangan tertutup dan minim sirkulasi udara.

Oleh karena itu, pemerintah melarang masyarakat untuk mudik Lebaran guna mencegah naiknya kasus COVID-19. Sama seperti tahun 2020, pemerintah juga melarang mudik Lebaran. “Dulu awalnya hanya yang sakit yang pakai masker. Sekarang semua orang pakai masker baik yang sakit maupun yang tidak. Jadi jangan buru-buru meniru Amerika,” kata Erlina. Meski pun herd imunity di Indonesia tercapai, melepas masker masih perlu dipertimbangkan, lantaran virus Covid-19 memiliki perkembangan yang sangat cepat. Sampai saat ini pemerintah masih menerapkan social distancing dan mengimbau masyarakat untuk berada di rumah.

Orang dapat tertular COVID-19 dari orang lain yang sudah terinfeksi, terlepas dari apakah orang ini bergejala ataupun tidak. Orang yang mengalami demam, batuk dan sesak napas harus segera memeriksakan diri untuk mendapat bantuan medis. Sekitar satu dari enam orang akan mengalami gejala yang lebih serius dan akan mengalami kesulitan bernapas. Segera hubungi fasilitas pelayanan kesehatan jika sakit memburuk untuk dirawat lebih lanjut.

Langkah tepat jika terkena Covid

Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat. Jangan asal mencuci atau memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci . Apalagi jika memiliki keluarga yang berstatus pasien Covid-19. Ketika ingin bersin atau batuk, segera tutup mulut dan hidung dengan tisu lalu membuang tisu tersebut ke tempat sampah. Jika tidak memungkinkan untuk mengambil tisu, tutup mulut dan hidung menggunakan lengan baju bagian dalam dengan posisi lengan ditekuk ke arah dalam.