Jenis Vaksin Gotong Royong Wajib Berbeda Dari Program Pemerintah

Program vaksinasi COVID-19 di Indonesia mulai dilakukan oleh pemerintah, pada Rabu (13/1) pagi di Istana Negara. Orang yang pertama kali disuntik vaksin buatan Sinovac adalah Presiden Joko Widodo. Pada saat yang sama, sejumlah pejabat, tokoh agama, organisasi profesi serta perwakilan masyarakat turut mengikuti vaksinasi.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah masih mematangkan program vaksinasi gotong royong, termasuk soal harganya. Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah resmi mengatur bahwa jenis vaksin yang digunakan dalam program vaksinasi mandiri atau Vaksinasi Gotong Royong harus berbeda dengan program pemerintah. Sementara itu, data penerima vaksin Covid-19 yang telah terverifikasi beserta penjadwalan vaksinasi masing-masing sasaran dapat diakses oleh petugas fasilitas pelayanan kesehatan melalui aplikasi Pcare Vaksinasi.

Jenis vaksin Goting Royong harus mendapat izin penggunaan di masa darurat atau penerbitan nomor izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan sesuai ketentuan peraturan perundangundangan.

Untuk mendukung program vaksinasi, pemerintah juga terus mengupayakan untuk mendatangkan vaksin baik dalam bentuk jadi maupun bahan baku. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani meminta pemerintah untuk fokus terlebih dahulu pada vaksin free of charge Covid-19 untuk masyarakat. Program vaksin free of charge lebih penting daripada mewacanakan adanya vaksin mandiri yang dapat membingungkan masyarakat. Dalam kesempatan itu Menteri Kesehatan merinci alasan mengapa Indonesia membutuhkan 426 juta dosis vaksin Covid-19, yaitu dari 269 juta penduduk Indonesia, terdapat 188 juta orang berumur 18 tahun ke atas. Pemerintah juga mengesampingkan ibu hamil, orang dengan penyakit bawaan berat atau yang sudah pernah terinfeksi virus Covid-19, jumlah mereka sekitar tujuh juta orang. Budi Gunadi mengatakan diperkirakan proses penyuntikan 426 juta dosis vaksin Covid-19 itu membutuhkan waktu 15 bulan, dan perkiraan ini bisa berubah bergantung pada pasokan vaksin yang dipesan pemerintah.

Saat ini mulai dipakai vaksin HPV untuk kanker serviks dan dimulai digunakan pada usia 12 tahun, agar dalam usia produktif seseorang dapat terhindar dari kanker serviks. Dengan menggunakan e-katalog, beberapa daerah telah membeli sendiri vaksin HPV ini dan memberikan ke masyarakat dalam usia tertentu, salah satunya di kabupaten Badung, Bali. Dengan komitmen kuat Kementerian Kesehatan, hingga pertengahun tahun 2016, cakupan imunisasi di Indonesia berhasil mencapai 92,5% atau di atas target untuk tahun 2016 yaitu 90%.

Vaksin dari pemerintah

“Karena itu, jangan sekarang. Vaksinasi mandiri nanti saja setelah vaksinasi wajib untuk tenaga kesehatan dan pekerja publik sudah diberikan. Jangan langsung di depan,” katanya. Ia mengatakan sudah berbicara dengan beberapa menteri lain tentang kemungkinan vaksinasi secara mandiri di luar vaksinasi yang diprogramkan pemerintah. Kami Tim Satgas Covid-19 SLBN B Garut siap dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung program pemerintah dalam vaksinasi. Bandarlampung – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa vaksinasi bukanlah obat untuk COVID-19, namun upaya pemerintah untuk melindungi masyarakat dari infeksi virus corona jenis baru itu. Harus diingat, perlu waktu untuk tubuh kita membentuk antibodi sehingga siapa pun yang sudah vaksinasi tidak boleh meninggalkan protokol kesehatan , sampai pandemi dinyatakan berakhir. Tetap pakai masker yang benar, jaga jarak hindari kerumunan, dan rajin mencuci tangan.

Pengiriman SMS Blast dimulai pada Hari Selasa pukul 24.00 WIB dan masih berlangsung hingga hari ini (thirteen/1). Terkait dengan penanangan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi untuk vaksin Gotong Royong akan sama dengan penanganan KIPI untuk program vaksinasi pemerintah. Badan Pengawas Obat dan Makanan masih melakukan penelitian sebelum mengeluarkan izin penggunaan darurat. Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan ada enam jenis vaksin untuk pelaksanaan vaksinasi virus corona di Indonesia. Dia pun bilang pemerintah memastikan terus mempercepat target vaksinasi 181,5 juta penduduk untuk dapat mencapai target kekebalan kelompok . Menyangkut pengadaan vaksin untuk program vaksinasi Gotong Royong, Kasrul Selang menjelaskan menjadi tanggung jawab Kementerian BUMN yang bekerja sama dengan PT.