Begini Mekanisme Program Vaksinasi Gotong Royong

Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh belum menyampaikan harga vaksin saat dikonfirmasi. Meski begitu, dia menyebut, Bio Farma, Badan Pengawas Obat dan Makanan , dan pihak terkait tengah melaksanakan rapat perihal penetapan harga dan pelksanaan vaksinasi mandiri. Selain itu, vaksinasi gotong royong juga tetap mempertimbangkan zonasi risiko penularan Covid-19 per daerah. Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh, belum menyampaikan harga vaksin saat dikonfirmasi. Meski begitu, dia menyebut, Bio Farma, Badan Pengawas Obat dan Makanan , dan pihak terkait tengah melaksanakan rapat perihal penetapan harha dan pelksanaan vaksinasi mandiri.

Harga vaksin mandiri

Dari penelusuran, diketahui pula pesan berantai itu berisi beberapa narasi yang bertentangan dengan ketentuan pemerintah. Bambang mengatakan perseroan juga masih melakukan koordinasi dengan Kamar Dagang dan Industri alias Kadin Indonesia mengenai rencana pelaksanaan vaksinasi Gotong Royong. “Nanti Kementerian Kesehatan akan menerbitkan Permenkes terkait harga vaksin gotong-royong,” ujar Airlangga dalam konferensi pers daring, Senin, 3 Mei 2021.

Memang, pemerintah dalam mengadakan vaksin, ada yang gratis dibiayai pemerintah dan ada pula dipatok harga atau dikenal vaksin mandiri. Menurut Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Rosan Roeslani vaksin untuk vaksinasi mandiri kemungkinan akan tiba Maret nanti. Sedangkan pelaksanan vaksinasinya masih harus menunggu izin penggunaan darurat atau emergency use authorization dari Badan POM dan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia . Menurut Siti, vaksinasi gotong royong tidak akan menggunakan vaksin yang sudah lebih dulu dibeli pemerintah, yaitu Sinovac, AstraZeneca, Novovac, dan Pfizer. Arya mengatakan vaksinasi gotong-royong akan mempercepat pencapaian kekebalan komunal atau herd immunity. Bersamaan dengan program vaksin free of charge dari pemerintah, vaksinasi akan diberikan kepada a hundred and one,5 juta penduduk atau 70% dari populasi dan ditargetkan rampung pada akhir tahun ini.

Menurut Bambang PT Bio Farma telah menjajaki kemungkinan impor vaksin Covid-19 dari Moderna dan Sinopharm. Rencananya, impor vaksin Sinopharm dan Moderna akan dilakukan oleh anak perusahaan Holding BUMN Farmasi, yakni PT Kimia Farma Tbk. Wiku Adisasmito meminta Satgas di daerah menindak tegas masyarakat yang masih nekat melakukan mudik di daerah. Bamsoet bilang, dengan jumlah penduduk Indonesia sekitar 270 juta jiwa, maka 210 juta penduduk lainnya harus mengeluarkan biaya sendiri untuk vaksinasi Corona. “Untuk dari pengadaannya harus melalui Biofarma, jadi Kadin ada perjanjian dengan Biofarma untuk pengadaan vaksinnya. Dan juga sudah mengusulkan beberapa perusahaan swasta yang membantu distribusi logistik chilly chain-nya,” kata Shinta.

Untuk diketahui, pemerintah telah menetapkan enam jenis vaksin Covid-19 yang dapat digunakan dalam proses vaksinasi di Indonesia. “Kalau skema mandiri tentunya difokuskan pada masyarakat dan pelaku ekonomi, jadi sebenarnya itu kita mengharapkan partisipasi, misalnya perusahaan untuk melakukan vaksinasi untuk seluruh pegawainya,” ungkap dia. Menurutnya, perusahaan farmasi swasta dari dalam negeri berpeluang menjadi importir vaksin untuk program Vaksinasi Gotong Royong.

The Beijing Institute of Biological Products mengembangkan vaksin corona dari virus yang sudah dilemahkan . Kandidat vaksin itu lalu diuji klinis oleh salah satu perusahaan milik negara di Cina, Sinopharm. “Saat ini Bio Farma sudah mulai menjajaki dan melakukan pembicaraan supply vaksin dengan prinsip harus berbeda dengan vaksin program ,” kata Bambang dalam konferensi pers yang disiarkan kanal Youtube Kemenkes RI.

Menurut Budi, jika Bio Farma dan produsen vaksin sudah sepakat dengan harga yang diajukan, maka pemerintah akan menetapkan besaran harga batas atas dan bawah vaksin mandiri tersebut. “Kalau sudah diajukan kami akan melihat dan menentukan harganya berapa,” kata dia. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19 pasal 23, besaran tarif maksimal vaksinasi gotong royong ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.

Melalui keterangan resminya, PT Pertamin Bina Medika selaku holding yang menaungi RS Pelni menyatakan, daftar harga pelayanan vaksin Covid-19 itu benar dikeluarkan RS Pelni pada Selasa 2 Februari 2021. “Harga vaksin mandiri yg akan dilakukan sekitar beberapa bulan ke depan.,” tulis Darmawan Kwok. Dia menuliskan narasi bahwa infografis soal harga vaksin Covid-19 tersebut dapat menjadi sumber pengetahuan.